Slideshow

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

Rabu, 07 Agustus 2019

MEMBACA HARUS MENJADI BUDAYA WARGA SMAN 3 SUKABUMI



GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) Merupakan Program yang kini digalakkan di kalangan pendidikan yang ada di Indonesia. GLS dianggap sebagai suatu program yang strategis, karena Ia berkaitan erat dengan Budaya dan Minat Membaca yang kini sedang digaung-gaungkan oleh Pemerintah, dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia.

SUKABUMI; (SMANTI) PUJANGGA – Masih ingatkah kamu dengan Grand Launching Literasi Sekolah SMA Negeri 3 Sukabumi (16/10/2018)? Ya, upacara yang luar biasa pada hari Selasa tersebut menjadi awal sekaligus pembuka dari Gerakan Literasi Sekolah yang terus digaungkan oleh SMA Negeri 3 saat ini. Namun, kenapa ya Gerakan Literasi dianggap sebagai suatu program yang cukup penting, khususnya dalam rangka mengembangkan minat baca dan literasi warga SMA Negeri 3 Sukabumi.

Hal tersebut dibuktikan dengan komitmen SMA Negeri 3 Sukabumi, melalui Visi Sekolah yakni Mewujudkan Warga Sekolah yang Berakhlak Mulia, Berprestasi Juara melalui Budaya Literasi dan Lingkungan Sehat. Dalam visi tersebut, dapat kita ketahui bahwa Budaya Literasi menjadi salah satu komitmen dan program penting yang digaungkan oleh SMA Negeri 3 Sukabumi.

Taman baca literasi SMAN 3 Sukabumi



Literasi, senantiasa identik dengan buku. Dan tempat membaca buku adalah Perpustakaan. Komitmen tersebut pada akhirnya ditunjukkan dalam pengembangan Perpustakaan SMA Negeri 3 Sukabumi, yang kini bertransformasi dengan wajah baru, dengan nama “Bianglala Ilmu”,
Adapun komitmen untuk senantiasa mengembangkan Gerakan Literasi di SMA Negeri 3 Sukabumi diantaranya, dengan diselenggarakannya program PEKERTI (Pekan Kreasi Sastra Siswa dan Siswi), yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, pada bukan Oktober. PEKERTI sendiri merupakan event perlombaan siswa SMA Negeri 3, dimana Lomba-lomba yang berkaitan dengan kebahasaan, diikuti oleh hampir seluruh siswa SMA Negeri 3 Sukabumi.

Lantas, mengapa Literasi dianggap menjadi suatu program strategis yang penting, sehingga pihak sekolah dan seluruh lapisan masyarakat terus menggaung-gaungkannya?
Nyatanya, hal tersebut telah sejalan dengan Visi Pemerintah yakni meningkatkan minat baca dan belajar masyarakat. Semua ini karena Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara dengan minat baca di dunia. Tentu ini merupakan hal yang cukup miris, dan perlu menjadi perhatian bagi seluruh masyarakat Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar