Slideshow

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

  • Faceblog Evolutions

Senin, 04 Februari 2019

Rabu Baca, Literasi Sehat.



Menjadi rutinitas di setiap hari Rabu, warga SMA Negeri 3 Sukabumi memadati lapangan upacara untuk turut serta dalam kegiatan Rabu Baca serta Literasi Sehat yang diisi dengan senam pagi.



Lalu sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan Rabu Baca dan Literasi Sehat di SMA Negeri 3 Sukabumi?.
Rabu baca merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 3 Sukabumi sebagai bentuk implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Program yang baru saja di launching pada Selasa (16/10/2018) kemarin oleh Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S. Ag., M. Pd.

                Rabu baca diisi dengan Kegiatan membaca dan meresume buku yang telah dibaca. Tentunya dengan bimbingan wali kelas-nya masing-masing, diharapkan siswa akan semakin termotivasi untuk lebih banyak membaca buku non-pelajaran setiap harinya.






         Adapun Literasi Sehat SMA Negeri 3 Sukabumi merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan dalam rangka mendorong dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini diisi dengan senam bersama dan membawa bekal dari rumah, 4 sehat 5 sempurna.

        Kegiatan ini sangat baik dan positif untuk membudayakan Gerakan Literasi di Sekolah. Seperti apa yang disampaikan oleh Yuyun, salah satu Guru SMA Negeri 3 Sukabumi. Dalam wawancaranya, Ia menyampaikan bahwa GLS berperan penting dalam menumbuhkan minat baca di kalangan siswa meskipun harus diawali dengan sedikit paksaan. “di Rabu Baca ini, siswa bukan hanya membaca, tapi diharapkan dapat menghasilkan suatu karya. Tentunya, tak terlepas dari peranan wali kelas yang akan membimbing siswa di kelasnya masing-masing” Ujar Yuyun.

        Pada akhirnya, GLS ini tak semata hanya formalitas. Diharapkan dapat menjadi budaya di setiap sekolah. – (17) Kemeriahan Pekan Kreasi Sastra Siswa SMANTI (PEKERTIE) ke-XI masih terus berlanjut hingga Rabu (17/10) kemarin. Selain dilanjutkan dengan penyelenggaan Lomba Cipta Puisi, Lomba Menulis Esai, Lomba Menulis Cerpen, PEKERTIE ke-XI pun kembali dimeriahkan dengan Lomba Debat Bahasa Indonesia. Setelah sebelumnya, pada Selasa (16/10) Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) mempertandingkan seluruh kelas di SMAN 3 Sukabumi, yang dibagi dalam 8 Tim, Kemarin Rabu (17/10) LDBI dilanjutkan dengan pertandingan seperempat final, semi final, dan final bagi para tim yang lolos selanjutnya.

       LDBI menjadi ajang pengembangan potensi diri, khususnya untuk mendorong siswa SMA Negeri 3 Sukabumi agar siap kelak ketika mereka menjadi seorang pemimpin. Seperti yang kita ketahui, LDBI bukan hanya beradu pemikiran, tapi juga adu taktik dalam duel kebahasaan yang perlu dibungkus dengan keindahan.


Hari ke-2 Penyelenggaraan PEKERTIE XI,
Hujan Penyanggahan pada Final
Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar